5 Strategi Digital Marketing yang Efektif dan Mudah Diterapkan di Indonesia, Dijamin Langsung Closing!

Gambar : infodigimarket.com

Bagi anda pelaku bisnis yang sedang mencoba peruntungan di ranah digital, jangan sembarangan memasarkan produk sebelum memahami konsep digital marketing. Bisnis online bukan sekedar proses singkat memajang katalog produk di media sosial atau akun marketplace. Karena teknik yang asal-asalan hanya akan membuang waktu dan biaya yang anda keluarkan untuk menjalankan pemasaran digital.Terlebih dengan persaingan sengit dari waktu ke waktu, penting sekali untuk para marketer menerapkan strategi digital marketing yang efektif dan mudah diterapkan.

Dimulai dari fakta yang terjadi pada perkembangan bisnis. Saat ini, setidaknya 80 persen konsumen pakai web untuk mendapatkan informasi mengenai produk barang atau jasa sebelum memutuskan membeli. Dan 72 persen di antaranya telah terhubung dengan penyedia produk melalui beragam chanel pemasaran digital.

Ok langsung saja, berikut ini menyajikan secara singkat mengenai beberapa strategi digital marketing yang efektif dan mudah untuk diterapkan di Indonesia.

1. Konsisten Posting di Media Sosial dengan Menerapkan SEO

SEO atau search engine optimization adalah upaya mengoptimasi postingan website atau media sosial untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan rating tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.

Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, search engine optimization pula akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi pula trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website  atau media sosial Anda.

Dalam strategi digital marketing sangat dibutuhkan konsistensi dalam memosting produk dan informasi di website atau media sosial. Perlu diperhatikan, agar postingan tersebut lebih banyak diminati, Anda pula perlu menerapkan search engine optimization sehingga postingan di website atau media sosial tersebut mendapatkan trafik dari search engine.

2. Optimasi Mobile

Perangkat sellular atau Mobile adalah hal diperlukan bagi setiap orang bahkan hal yang wajib di era digital seperti sekarang ini. Entah itu untuk sekedar shopping, berselancar di media sosial, atau bahkan nonton Youtube, semua terasa menyenangkan dilakukan lewat perangkat cellular.

Dalam hal ini, Anda harus melihat ini sebagai peluang yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan Anda sebagai digital markerter bisa melakukan pendekatan yang baik untuk para pengguna perangkat sellular atau perangkat mobile ini. Saat Anda mempunyai website atau situs media Anda harus menciptakan website atau situs media yang mobile friendly sehingga aktitifas e-commerce dapat dilakukan lewat perangkat mobile atau sellular.

3. Konten adalah Raja

Bila orang sekarang menjadikan Google pilihan sumber yang tepat, konten yang relevan yang akan menang. Ketika Anda pakai Google, mereka menyajikan iklan dan mereka menghasilkan banyak keuntungan dari iklan. Hal yang sama berlaku pada Bing, Fb, LinkedIn, dan saluran online lainnya. Karena pada dasarnya konten adalah intisari dari strategi digital marketing itu sendiri. 

Apakah ini yang membuat konten sebagai raja? Banyak orang menganggap demikan, tapi ada pula yang tidak sependapat. Yang perlu Anda ketahui adalah, konten dalam website sangat penting.
Konten yang baik mengalirkan visitors. Kadang tidak pula. Tapi secara keseluruhan, kualitas konten yang Anda ciptakan akan mempengaruhi visibilitasnya pada halaman hasil pencarian.

4. Pemilihan Media Sosial yang Tepat

Di era sekarang ini memang banyak sekali Media Sosial yang bisa kita gunakan mulai dari media sosial, YouTube, Linkedin, Forum jual beli, atau Marketplace. Penggunaan sosial media dalam strategi digital marketing memang sangat membantu. Namun, jika Anda pakai terlalu banyak sosial media serta tidak baik. Karena terhubung dengan pelanggan melalui banyak media sosial, akan membuat pekerjaan Anda semakin terbengkalai sehingga tujuan utama Anda membangun bisnis dapat tidak terpenuhi.

Maka dari itu, pemilihan media sosial yang tepat memang sangat diperlukan. Pilih satu atau dua sosial media yang menurut Anda paling efektif sehingga Anda dapat lebih fokus dalam memasarkan produk.

5. Real Time Marketing

Real Time marketing adalah pemasaran digital dengan memakai pendekatan terhadap occasion/event yang terjadi saat itu. Tujuan dari strategi adalah memastikan Anda memanfaatkan momen yang terjadi dengan sangat baik dan merespon apa yang dibutuhkan oleh pelanggan seketika itu.

Misalnya, saat ada informasi terkini, berita, kejadian unik dan viral, maka akan ada beberapa model yang merasa kejadian tersebut menarik untuk dijadikan bagian dari marketing campaign digital mereka. Karena momen ini sedang berjalan, maka euforia pelanggan dalam merespon relatif sangat cepat dan baik. 

Nah, Itulah ulasan mengenai 5 strategi digital marketing di Indonesia yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Strategi tersebut bukanlah sesuatu yang sulit dan strategi ini akan sangat membantu dalam kampanye digital marketing.
LihatTutupKomentar