Bagi anda pelaku bisnis yang sedang mencoba peruntungan di ranah digital, jangan sembarangan memasarkan produk sebelum memahami konsep digital marketing. Bisnis online bukan sekedar proses singkat memajang katalog produk di media sosial atau akun marketplace. Karena teknik yang asal-asalan hanya akan membuang waktu dan biaya yang anda keluarkan untuk menjalankan pemasaran digital.Terlebih dengan persaingan sengit dari waktu ke waktu, penting sekali untuk para marketer menerapkan strategi digital marketing yang efektif dan mudah diterapkan.
Dimulai dari fakta yang terjadi pada perkembangan bisnis. Saat ini, setidaknya 80 persen konsumen pakai web untuk mendapatkan informasi mengenai produk barang atau jasa sebelum memutuskan membeli. Dan 72 persen di antaranya telah terhubung dengan penyedia produk melalui beragam chanel pemasaran digital.
Ok langsung saja, berikut ini menyajikan secara singkat mengenai beberapa strategi digital marketing yang efektif dan mudah untuk diterapkan di Indonesia.
1. Konsisten Posting di Media Sosial dengan Menerapkan SEO
SEO atau search engine optimization adalah upaya mengoptimasi postingan website atau media sosial untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan rating tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.
Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, search engine optimization pula akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi pula trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website atau media sosial Anda.
2. Optimasi Mobile
Perangkat sellular atau Mobile adalah hal diperlukan bagi setiap orang bahkan hal yang wajib di era digital seperti sekarang ini. Entah itu untuk sekedar shopping, berselancar di media sosial, atau bahkan nonton Youtube, semua terasa menyenangkan dilakukan lewat perangkat cellular.
Dalam hal ini, Anda harus melihat ini sebagai peluang yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan Anda sebagai digital markerter bisa melakukan pendekatan yang baik untuk para pengguna perangkat sellular atau perangkat mobile ini. Saat Anda mempunyai website atau situs media Anda harus menciptakan website atau situs media yang mobile friendly sehingga aktitifas e-commerce dapat dilakukan lewat perangkat mobile atau sellular.
3. Konten adalah Raja
Di era sekarang ini memang banyak sekali Media Sosial yang bisa kita gunakan mulai dari media sosial, YouTube, Linkedin, Forum jual beli, atau Marketplace. Penggunaan sosial media dalam strategi digital marketing memang sangat membantu. Namun, jika Anda pakai terlalu banyak sosial media serta tidak baik. Karena terhubung dengan pelanggan melalui banyak media sosial, akan membuat pekerjaan Anda semakin terbengkalai sehingga tujuan utama Anda membangun bisnis dapat tidak terpenuhi.
Maka dari itu, pemilihan media sosial yang tepat memang sangat diperlukan. Pilih satu atau dua sosial media yang menurut Anda paling efektif sehingga Anda dapat lebih fokus dalam memasarkan produk.